Informasi Seputar Market Global Kurma

buah-kurma-mantapPohon kurma terutama dibudidayakan di banyak daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Setelah ditanam, pohon kurma dapat memakan waktu 4-8 tahun untuk berbuah, dan mulai menghasilkan lebih banyak lagi untuk panen yang siap dikomersialkan secara besar-besaran dalam 7-10 tahun. Kurma adalah makanan pokok yang populer dan juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan olahan. Kurma adalah hasil bumi untuk perdagangan bagi para petani dan menyediakan sumber gizi yang baik untuk konsumen.

Kurma adalah tanaman tradisional di Irak, Arab Saudi, dan negara-negara Afrika Utara. Kurma kualitas premium seperti Deglet Nour dan Medjool juga dibudidayakan di California, Arizona, dan Florida Selatan, Amerika Serikat. Kurma adalah tanaman yang menghasilkan pendapatan tinggi, dan konsumsinya tidak lagi terbatas pada negara-negara Timur Tengah. Selain itu, ia memainkan peran penting dalam meningkatkan taraf hidup pekerja dan memberikan kontribusi untuk mencapai pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Permintaan kurma di pasar global cepat berubah karena kenaikan permintaan, preferensi, pola belanja dan kesadaran konsumen akan hidup sehat.

Karena meningkatnya konsumen yang sadar kesehatan secara global inilah maka pasar kurma dipengaruhi secara positif dan diharapkan untuk tumbuh semakin pesat di masa yang akan datang. Kurma adalah sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral-mineral penting seperti Kalsium, besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium dan seng ditemukan di dalamnya, ditambah juga kaya akan beberapa vitamin. Kurma sebagai bahan baku utama juga bisa dijadikan sereal, havermut, roti, jus dan lain-lain sebagai makanan dengan kandungan serat tinggi

Peningkatan permintaan untuk kurma organik dan penggunaannya dalam berbagai bentuk olahan adalah tren yang sekarang sedang berkembang diantara konsumen dan produsen global.

Buah kurma sebagian besar diproduksi di daerah kering & panas di Asia Barat Daya dan Afrika Utara dan dipasarkan di seluruh dunia sebagai tanaman buah bernilai tinggi. Produsen kurma yang utama terletak di Timur Tengah dan Afrika Utara. Mesir adalah pemimpin dunia dalam hal produksi dan budidaya kurma saat ini.

Negara-negara Eropa seperti Perancis, Jerman, Inggris, dan Italia mengimpor kurma yang lebih mahal dan berkualitas lebih tinggi. Pasar untuk kurma segar, dingin atau beku adalah segmen yang tumbuh paling cepat di Eropa. Kurma dimakan terutama pada akhir tahun di semua negara Eropa. Di luar periode ini, konsumsinya relatif rendah, tetapi ketika sudah diproses lebih lanjut sebagai bahan baku makanan olahan lain kurma sering dikonsumsi sebagai sumber serat makanan yang baik.

Sebaliknya, negara-negara seperti India, UEA, dan Malaysia mengimpor kurma yang lebih murah dengan kualitas lebih rendah. Kualitas rendah digunakan lebih lanjut untuk diproses di berbagai produk makanan, seperti jus, roti atau manisan.

Melihat pemaparan diatas kita dapat menyimpulkan kalau kurma adalah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan bisa menjangkau pasar global. Saat ini Indonesia melalui kampung kurma telah mengambil inisiatif untuk melakukan budidaya kurma dan telah berjalan selama 1-2 tahun ini melakukan pembibitan berbagai varian kurma dan membuka peluang luas bagi masyarakat muslim untuk turut serta dalam menikmati manisnya rupiah dari kurma.